Rabu, 27 Juni 2012


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.           Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data yang empiris tentang penelitian ini  sebagai berikut  untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pemahaman sila Persatuan Indonesia dengan sikap  Nasionalisme siswa di SDN Cimahpar 2 Bogor.

B.            Tempat dan Waktu Penelitian
1.         Tempat atau lokasi penelitian dilakukan di tempt atau sekolah di SDN Cimahpar 2, Jl. Tumenggung Wiradireja No. 107 Kel. Cimahpar Kec. Bogor Utara 16155 .
2.          Waktu yang dibutuhkan dalam penelitian ini selama 4 terhitung mulai tanggal Desember 2011 sampai dengan Maret 2012, pada semester genap dan ganjil, adapun jadwal penelitian dapat disampaikan sebagai berikut dibawah ini :
JADWAL  PENELITIAN
No
Bulan/tanggal
Kegiatan
Hasil
1
Desember 2011
Survey dan pengajuan proposal
Adanya subyek masalah
2
Januari 2012
Observasi dan analisa data
Pertemuan Responden
3
Februari 2012
Pelaporan dan finishing data
Hasil dan Bimbingan Teknik
4
Maret 2012
Bimbingan dosen pembimbing
Disetujui
5
Mei 2012
Sidang Skripsi
Lulus terbaik

C.       Variabel penelitian
                       Variabel merupakan sesuatu yang penting diperhatikan dalam sebuah penelitian.  Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa “Variabel adalah segala yang bervariasi yang menjadi objek penelitian’.[1]
                        Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel.  Kedua variabel yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1.      Variabel bebas (X) yaitu pemahaman siswa tentang Pancasila sila Persatuan Indonesia
2.      Variabel terikat (Y) yaitu sikap  Nasionalisme siswa di sekolah

D.        Populasi dan sampel
                        Populasi adalah seluruh sumber data atau disebut juga wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu.”[2]  Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa –siswi SDN Cimahpar 2 yang berjumlah 553 orang.  Sedangkan populasi terjangkaunya ialah siswa – siswi kelas IV sebanyak 30 orang.
Sampel adalah   sebagian atau wakil populasi yang diteliti atau sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.”[3]  Ada pun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan random sampling (sampel acak). adapun dalam penelitian ini sampel yang dipakai adalah sebanyak 30 orang atau yang dipakai adalahhanya satu kelas yaitu kelas IV A.

E .       Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah dengan menggunakan metode studi korelasi yang merupakan bagian dari jenis penelitian deskriptif  kuantitatif, yang bertujuan untuk memperoleh hubungan dari dua variable penelitian.

F.       Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan cara pembuatan kuesioner, berupa daftar pertanyaan tertulis yang disampaikan kepada responden siswa dengan sistem tertutup, di mana pertanyaan – pertanyaannya sudah ada jawabannya. Responden cukup memilih salah satu yang dianggap paling benar / tepat sebagaimana lampiran.

G.       Instrumen Penelitian
Instrumen – instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sila Persatuan Indonesia sebagai variabel terikat (X) dan sikap  Nasionalisme sebagai variabel bebas (Y).
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data – data variabel X menggunakan kuesioner berupa pertanyaan – pertanyaan yang terdiri dari 30 pertanyaan, dengan jawaban Betul atau Salah pada jawaban yang sesuai dengan memberikan tanda (checklist).  Skor untuk jawaban Betul=1 dan Salah = 0.  Sementara untuk variabel Y, menggunakan kuesioner berupa pertanyaan – pertanyaan yang terdiri dari 30 pertanyaan.  Responden memilih salah satu alternatif dari jawaban yang tersedia dengan  menandai tanda ( x ) pada kolom yang sesuai dengan jawaban yaitu:
1.                  Sangat Setuju ( SS ) = 5
2.                  Setuju ( S ) = 4
3.                  Ragu – ragu ( R ) = 3
4.                  Tidak Setuju ( TS) = 2
5.                  Sangat Tidak Setuju ( STS ) = 1

H.     Teknik Analisis Data
Untuk menganalisa data yang diperoleh, maka variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dikelompokkan dan ditabulasi sesuai fungsinya. Selanjutnya untuk mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan kedua variabel   digunakan teknik analisa data dengan koefisien korelasi ”r” product moment pearson dengan rumus sebagai berikut :
          N(XY) - (∑X) (∑Y)
rxy=       {N.∑X²-(∑X} {N∑Y² - (∑Y}
Keterangan :
rxy=         Hubungan antara Variabel X dan Variabel Y
X=           Jumlah skor Variabel X
Y=           Jumlah skor Variabel Y
XY=        Jumlah perkalian setiap skor X dan Y
X²=         Jumlah kuadrat skor distribusi X
Y²=         Jumlah kuadrat skor distribusi Y
N=           Jumlah responden 



[1] Suharsimi Arikunto, Prosedur Pendidikan,(Jakarta:Bina Aksara.2001)h.99
[2] Dr.Sri Rahayu Pudjiastuti,M.Pd, Pedoman Penulisan Skripsi,(Depok:STKIP,2007),h.11
[3]Ibid hal.11  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar