BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari data yang empiris
tentang penelitian ini sebagai berikut untuk mengetahui seberapa
besar hubungan antara pemahaman sila Persatuan Indonesia dengan sikap Nasionalisme siswa di SDN Cimahpar 2 Bogor.
B.
Tempat dan Waktu Penelitian
1.
Tempat atau lokasi penelitian dilakukan
di tempt atau sekolah di SDN
Cimahpar 2, Jl. Tumenggung Wiradireja No. 107 Kel. Cimahpar Kec. Bogor Utara 16155 .
2.
Waktu yang
dibutuhkan dalam penelitian ini selama 4 terhitung mulai tanggal Desember 2011 sampai dengan Maret 2012, pada semester genap dan ganjil,
adapun jadwal penelitian dapat disampaikan sebagai berikut dibawah ini :
JADWAL PENELITIAN
No
|
Bulan/tanggal
|
Kegiatan
|
Hasil
|
1
|
Desember 2011
|
Survey dan pengajuan proposal
|
Adanya subyek masalah
|
2
|
Januari 2012
|
Observasi dan analisa data
|
Pertemuan Responden
|
3
|
Februari 2012
|
Pelaporan dan finishing data
|
Hasil dan Bimbingan Teknik
|
4
|
Maret 2012
|
Bimbingan dosen pembimbing
|
Disetujui
|
5
|
Mei
2012
|
Sidang
Skripsi
|
Lulus
terbaik
|
C. Variabel penelitian
Variabel
merupakan sesuatu yang penting diperhatikan dalam sebuah penelitian. Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa “Variabel
adalah segala yang bervariasi yang menjadi objek penelitian’.[1]
Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel.
Kedua variabel yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1.
Variabel bebas (X) yaitu pemahaman
siswa tentang Pancasila sila Persatuan Indonesia
2.
Variabel terikat (Y) yaitu sikap Nasionalisme siswa di sekolah
D. Populasi dan sampel
“Populasi adalah seluruh sumber data atau disebut
juga wilayah generalisasi yang terdiri atas objek dan subyek yang mempunyai
kualitas dan karakteristik tertentu.”[2] Populasi
target dalam penelitian ini adalah siswa –siswi SDN Cimahpar 2 yang berjumlah 553 orang. Sedangkan populasi terjangkaunya ialah siswa
– siswi kelas IV sebanyak 30 orang.
Sampel adalah
sebagian atau wakil populasi yang
diteliti atau sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh
populasi tersebut.”[3]
Ada pun teknik pengambilan
sampel pada penelitian ini adalah menggunakan random
sampling (sampel acak). adapun dalam penelitian ini sampel yang dipakai adalah sebanyak 30
orang atau yang dipakai adalahhanya satu kelas yaitu kelas IV A.
E . Metode Penelitian
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, adalah dengan
menggunakan metode studi korelasi yang merupakan bagian dari jenis penelitian
deskriptif kuantitatif, yang bertujuan
untuk memperoleh hubungan dari dua variable penelitian.
F. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan
menggunakan cara pembuatan kuesioner, berupa daftar pertanyaan tertulis yang
disampaikan kepada responden siswa dengan sistem tertutup, di mana pertanyaan –
pertanyaannya sudah ada jawabannya. Responden cukup memilih salah satu yang
dianggap paling benar / tepat sebagaimana lampiran.
G. Instrumen Penelitian
Instrumen – instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri dari sila Persatuan Indonesia sebagai variabel terikat
(X) dan sikap Nasionalisme sebagai
variabel bebas (Y).
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data – data variabel X
menggunakan kuesioner berupa pertanyaan – pertanyaan yang terdiri dari 30 pertanyaan, dengan
jawaban Betul
atau Salah
pada jawaban yang sesuai dengan memberikan tanda √
(checklist). Skor untuk jawaban Betul=1 dan Salah = 0. Sementara untuk variabel Y, menggunakan
kuesioner berupa pertanyaan – pertanyaan yang terdiri dari 30 pertanyaan. Responden memilih salah satu alternatif dari
jawaban yang tersedia dengan menandai
tanda ( x ) pada kolom yang sesuai dengan jawaban yaitu:
1.
Sangat Setuju ( SS ) = 5
2.
Setuju ( S ) = 4
3.
Ragu – ragu ( R ) = 3
4.
Tidak Setuju ( TS) = 2
5.
Sangat Tidak Setuju ( STS ) = 1
H. Teknik Analisis Data
Untuk
menganalisa data yang diperoleh, maka variabel bebas (X) dan variabel terikat
(Y) dikelompokkan dan ditabulasi sesuai fungsinya. Selanjutnya untuk
mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan kedua variabel digunakan teknik analisa data dengan koefisien
korelasi ”r” product moment pearson dengan rumus sebagai berikut :
N(XY) - (∑X)
(∑Y)
rxy=
{N.∑X²-(∑X)²} {N∑Y² - (∑Y)²}
Keterangan
:
rxy= Hubungan antara Variabel
X dan Variabel Y
X= Jumlah skor Variabel X
Y= Jumlah skor Variabel Y
XY= Jumlah perkalian setiap
skor X dan Y
X²= Jumlah kuadrat skor
distribusi X
Y²= Jumlah kuadrat skor
distribusi Y
N= Jumlah responden
Tidak ada komentar:
Posting Komentar