Rabu, 27 Juni 2012

Pembahasan


BAB IV
ANALISA DATA, PEMBAHASAN  DAN HASIL PENELITIAN
A.        Analisa Data
1.      Variabel X Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  
Berdasarkan urutan ranking jumlah skor instrument Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  , yang dipasangkan dengan hasil pertanyaan siswa dengan dua alternative jawaban dari 30 instrument, dan yang valid adalah 26 pertanyaa dan 4 drop. Diperoleh informasi sebagai berikut : jumlah sample 30, Jumlah skor 526,  skor tertinggi 26, skor terendah 0 , Range : 26, modus  19, Median : 19,  Rata-rata : 17.52 ,  Panjang Ci = 5, Deskripsi nilai-nilai tersebut menggambarkan keadaan  Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  .
Tabel : 1
Distribusi Frekwensi Skor
Variabel X Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia
No.
Skor
Frekwensi Absolut
Frekwensi Relatif (%)
Batas Nyata
1.
0 - 4
2
6.6
0.5
2.
5 - 9
0
0
2.5
3.
10 - 14
4
13.3
5.5
4.
15 - 19
13
43.3
8.5
5
20 - 24
9
30
11.5
6
25-26
2
6.6
14.5


30
100
16.5

Gambar 1
Grafik Histogram dan Poligon
Right Arrow: HistogramLeft Arrow: Poligon( Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  )     
          Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa 2 orang atau 6.6 % siswa yang memiliki skor Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia    nilai dibawah rata-rata,  dan 26 orang atau 83.3 % siswa yang memiliki skor Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia     nilai rata – rata, dan 2  orang siswa atau 6.6 % yang memiliki Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia   nilai diatas rata-rata.      

2.            Variabel Y Sikap  Nasionalisme  
                      Berdasarkan urutan rangking dari nilai sikap  nasionalisme  yang ada diujikan dengan diujikan validitas degan menggunakan ruus produk moment namun análisis yang ada menggunakan non tes dengan pilihan siswa jika 5 alternatif  dan  mendapat nilai 26  valid dan 4 drop, maka didapat dari jumlah Responden sebanyak 30 Orang, dengan jumlah  skor  seluruhnya 2772, Skor tertinggi 122 , Skor terendah 57, Range : 65, Panjang Kelas 6 ,  Rata-rata 92.74,  modus : 87, Median : 88, Simpangan Deviasi : 15.39, Deskripsi nilai-nilai tersebut menggambarkan keadaan Sikap  Nasionalisme.
                       Dari tabel 2 diatas dapat dilihat bahwa 1 orang atau 3.3  % siswa yang memiliki skor Sikap  Nasionalisme   di atas rata – rata, dan 26 orang atau 83.3% Sikap  Nasionalisme  yang memiliki skor pada rata – rata, dan 3  orang siswa atau 10 %  Sikap  Nasionalisme  di bawah rata – rata, sehingga dalam table diatas dapat dilihat bahwa nilai yang ada adalah normal karena dari jumlah yang pandai atau yang mempuyai sikap  nasionalisme ada 3 orang sedangkan yang kurang memiliki sikap  nasionalisme ada 1 orang.
Tabel : 2
Distribusi Frekwensi Skor
Variabel  Y Sikap  Nasionalisme  
No.
Skor
Frekwensi Absolut
Frekwensi Relatif
Batas Nyata
1.
57-67
1
3.3
56.5
2.
68-78
1
3.3
67.5
3.
79-89
14
46.6
78.5
4.
90-100
7
23.3
89.5
5.
101-111
4
13.3
100.5
6
112-122
3
10
111.5

35 
100
122.5

                         Bahwa jumlah skor  yang ada sebesar 2772  hal tersebut diantara nilai 57  sampai dengan nilai 122,  dengan Frekwensi absolute adalah  30, dan Frekwensi Relatif adalah 100 %, dengan terbagi menjadi 11 interval, dan batas nyata dari tabel tersebut adalah dari nilai 56.5 sampai yang terahir adalah 122.5.
                        Hal ini akan lebih tergambar apabila dapat melihat diagram batang dengan melihat gambar histogram dan gambar Poligon yang menunjukan baahwa gambar atau kurva yang ada cukup baik hwa gambar atau kurva yang ada cukup baik, karena, karena adanya gambar yang nilai terendah sedikit dan nilai tertinggi juga minim sekali sehingga dapat dilihat bahwa yang rata-rata cukup banyak yaitu kurang lebih 86.6 %.

Gambar 2
Grafik Histogram dan Poligon
(Sikap  Nasionalisme  )
      B.    Pembahasan Pengujian  Persyaratan  Analisis Data
1.    Uji Normalitas Data
                                    Sebelum dilakukan uji hipotesis dilaksanakan terlebih dahulu uji persyaratan diantaranya adalah uji normalitas data, yang berfungsi untuk mengukur apakah distribusi data yang telah diperoleh dari lapangan berdiri normal atau tidak, sesuai dengan bunyi kreteria yang berlaku menggunakan perhitungan chi kuadrat adalah jika X    Xtabel,, maka distribusi data tidak normal  dan jika,   X    Xtabel ,   maka distribusi data normal .

                   a.     Variabel X (Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  )
                                    Setelah dilakukan perhitungan diperoleh X sebesar 18.17 yang dikonsultasikan dengan tabel harga chi kuadrat (X) pada taraf signifikan 0.05 dan db= k-1 =16-1=15 dari kepercayaan 95% adalah 25.0diperoleh chi tabel 25.0Dengan demikian Xhitung  lebih besar dari  X tabel  (25.0 > 18.17) sehingga dapat disimpulkan bahwa data pada variabel Y (Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia  )  berdistribusi normal

                     b.  Variabel X (Sikap  Nasionalisme  )
                                        Setelah dilakukan perhitungan diperoleh X sebesar 10.63 yang dikonsultasikan dengan tabel harga chi kuadrat (X) pada taraf signifikan 0.05 dan db=k – 1 = 16-1 =15 diperoleh chi tabel 25.0,  Dengan demikian Xhitung  lebih besar dari  X tabel  (25.0> 10.63) sehingga dapat disimpulkan bahwa data pada variabel X (Sikap  Nasionalisme  )  berdistribusi normal

2.    Uji Linieritas      
                                    Untuk menguji linieritas menggunakan uji persamaan Regresi secara sederhana (Ÿ = a + b.X) berdasarkan tabel skor x dan Y. Setelah melalui langkah-langkah perhitungan, maka diperoleh F Lin (hitung) kurang dari F lin (Tabel) dengan taraf kepercayaan  0.05 F (0,95) (db =k-2, db = n-k F(0,95) (16-2 =14, 30-16=14 dan hasil adalah  -4.05 < 2,45 dengan demikian maka Ho berarti hasilnya adalah Variabel X terhadap Y linier, maka dapat dilakukan Uji Korelasi.

C.          Pengujian Hipotesis
              a.      Uji Hipotesis
                        Hasil dari perhitungan jumlah skor variabel X (Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia ) dan Variabel Y (Sikap  Nasionalisme ) dimasukan dalam korelasi rumus product moment untuk menghubungkan dua skor tersebut maka diperoleh R sebesar 0.443  besar kontribusi variabel X terhadap Y, sedangkan kaidah pengujian Hipotesis adalah apabila Rtabel antara 0.40 sampai dengan 0.70 maka dapat dikatagorikan hubungannya cukup, maka dalam uji hipotesis R hitung didapat hasil 0.443  dan dikatagorikan cukup.
              b.       Uji T / Uji Signifikasi
                        Setelah dilakukan Uji T atau Student maka didapat T hitung 3.14, sedangkan T tabel dapat dilihat sebasar 2.05, adapun kaidahnya adalah T tabel < T hitung dan itu dapat dikatakan signifikan, maka dapat disimpulkan dari Uji T tabel <  T Hitung yaitu 2.05 < 3.14 dan itu dapat dikatakan signifikan.
                   c.   Uji Koefesien Determinasi
                         Dalam Uji Koefesien Determinasi atau kekuatan pengaruh atau hubungan yang diteliti  dapat dilihat dari besarnya angka koefesien ditermasi r yaitu sebesar 0.1965 sehingga koefesien determinasi yang didapat sebesar  19.65 % atau kekuatannya pengaruhnya sebesar 19.65  % sedangkan yang sisasinya 80.35 % dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu antara lain kreativitas siswa, motivasi orang tua dan masih banyak hal lain yang mempengaruhinya.
                        Berdasarkan Pengujian diatas dapat dilihat pada tabel 3 dibawah ini
Tabel  3
Ringkasan Hasil Uji Hipotesis
Fungsi Uji
Nama Formula
Hasil
Hitung
Hasil
Tabel
Interpretasi
Korelasi
Product Moment
0.443
0.40
Terdapat pengaruh cukup
Pengaruh
K. Determenian
19.65%
-
Variabel Y ditentukan X 19.65%
Signifikan
Student
3.14
2.05
Hubungan X dan Y Significan


  1. Interpretasi hasil penelitian
            Berdasarkan hasil analisa data tersebut diatas, maka dapat diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel 0.361 < 0.443 dan t hitung lebih dari t tabel ( 3.14 > 2.05)
            Hasil pengujian tersebut diatas menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pemahaman siswa tentang sila persatuan Indonesia   dengan Sikap  Nasionalisme  di SDN Cimahpar 2 Kota Bogor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar